WAH! Ini Dia Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Manjur

WAH! Ini Dia Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Manjur


Cara Menghilangkan Sakit Gigi
Credit : maxpixel(dot)freegreatpicture(dot)com (modifikasi)

Ada orang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Sebegitu nyerinya sakit gigi sampai ada orang yang mengatakan demikian. Jelas saja, saat kita sakit gigi, kita susah untuk makan, nyerinya juga berdenyut dan tak tertahankan. Sakit gigi bisa membuat mood kita menjadi buruk. Bahkan banyak orang yang menderita sakit gigi menangis karena saking tidak tertahankannya rasa nyeri tersebut.

Tenang, disini saya akan berbagi informasi tentang cara menghilangkan sakit gigi kepada kamu. Tapi sebelum ke pokok pembahasan, mari kita bahas dulu apa penyebab sakit gigi ini. Dengan mengetahui penyebabnya kamu nantinya bisa mengurangi risiko kambuhnya sakit gigi ini di kemudian hari. Yup, mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

Penyebab Sakit Gigi


Tidak rutin menyikat gigi

Penyebab gigi berlubang dan sakit yang selanjutnya adalah karena tidak rutin menyikat gigi. Kalo kamu jarang dan malas menggosok gigi kamu, maka sisa-sisa makanan akan menyebabkan kuman berkembang biak dengan cepat pada gigi kamu sehingga menyebabkan gigi kamu menjadi berlubang. Maka dari itu, mulai sekarang, rajin-rajinlah menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Sikatlah gigi kami setelah sarapan dan sebelum tidur.

Menyikat gigi dengan cara yang salah

Kita jarang menyadari bahwa kita kebanyakan menyikat gigi dengan cara yang kurang tepat. Banyak dari kita berpikir bahwa sikat gigi itu yang penting selesainya mulut enggak bau, ya kan? Ini tentu saja cara berpikir yang salah. Karena kalo kamu sembarangan dalam menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada di gigi kamu bisa saja masih tersisa di sela-sela gigi.

Sisa makanan yang menempel ini akan menyebabkan kuman berkembang biak karena ia dapat menjadi makanan bagi kuman itu sendiri. Karena itu, mulailah menyikat gigi dengan cara yang benar mulai dari sekarang. Lakukan perlahan dan sistematis dalam waktu minimal 2 menit tiap menyikat gigi.

Peralatan sikat gigi yang kurang bagus

Penggunaan sikat gigi dan pasta gigi yang tidak bagus dapat meningkatkan risiko pembentukan lubang pada gigi kamu lho. Misalnya jika mulut atau gigi kamu tergolong kecil tapi menggunakan sikat gigi yang besar.

Hal ini tentunya akan membuat sikat gigi jadi tidak bisa menjangkau semua area pada gigi kamu dengan optimal yang mengakibatkan sisa makanan dapat tertinggal di mulut.

Terjadi karies pada gigi

Faktor penyebab terbentuknya lubang pada gigi selanjutnya adalah karies gigi. Karies gigi adalah penyakit gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera diatasi maka ia bisa membuat gigi kamu menjadi berlubang atau lebih buruk lagi harus dicabut agar infeksinya tidak menyebar.

Gigi Berlubang dan Karies Gigi
Gigi berlubang dan karies dapat disebabkan oleh cara dan alat sikat gigi yang kurang tepat sehingga menimbulkan sakit gigi
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

Karies gigi juga bisa disebabkan oleh buruknya pembentukan enamel pada gigi, atau oleh masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut.

Konsumsi makanan manis yang berlebihan

Kalau kamu makan terlalu banyak makanan dan minuman yang sifatnya manis, bakteri akan lebih nyaman bersarang di mulut dan gigi kamu lho. Bakteri ini suka sekali dengan kondisi manis pada gigi terutama jika setelah makan manis kita tidak sikat gigi atau sekedar berkumur.

Ia akan berkembang dengan mengubah sisa makanan manis ini menjadi zat yang bersifat asam yaitu asam laktat yang kemudian dapat mengikis gigi kamu secara perlahan.


Oke, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan gigi kita sakit. Mulai sekarang kamu dapat mulai melakukan pencegahan sakit gigi ini di kemudian hari. Lalu bagaimana jika sakit giginya sudah terjadi? Mari kita bahas satu per satu cara untuk menghilangkan sakit gigi yang saya kutip dari situs WebMD berikut ini.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Obat


1. Minumlah obat penghilang nyeri

Dokter gigi sering menyarankan obat paracetamol untuk anak-anak dan ibuprofen untuk orang dewasa sebagai penghilang sakit pada gigi. Kamu juga bisa memilih obat aspirin, namun harus diingat, jangan pernah memasukkan obat ini langsung pada gigi seperti mitos di masyarakat.

Obat Pereda Nyeri Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Paracetamol dan Ibuprofen merupakan jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi
Credit : maxpixel(dot)freegreatpicture(dot)com

Obat anti nyeri ini tidak bekerja secara topikal langsung pada gigi, tapi melalui sistem di saraf pusat. Tindakan yang demikian malah berpeluang memperparah kondisi gigi dan mulut kamu.

2. Gunakan obat anestesi lokal

Jika obat seperti aspirin tidak boleh langsung dioleskan pada gigi yang sakit. Obat yang sifatnya anestetik justru boleh dioelskan lasngsung. Kamu dapat mengoleskan gel atau cairan penghilang rasa sakit ini langsung pada gigi yang sakit ataupun gusi di dekatnya.

Jenis obat yang dipilih haruslah yang bersifat anestesi lokal misalnya benzokain, yang akan membuat saraf nyeri di gigi dan gusi kamu ‘mati’ sementara. Namun harus diingat, penggunaan obat ini hanya untuk jangka pendek saja saat sakit gigi sudah tidak tertahankan.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami


3. Berkumurlah dengan air garam

Salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan berkumur menggunakan air garam yang hangat. Garam bisa digunakan sebagai pengobatan sakit gigi yang manjur karena kadar  natrium yang tinggi bisa membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Garam dapat menjadi antiseptik alami sehingga bisa mencegah bau mulut kita.

Garam Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Berkumurlah dengan air garam untuk menghilangkan sakit gigi
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

Caranya :
- Siapkan 2 sendok makan garam dapur
- Siapkan 1 gelas air hangat
- Masukkan garam ke dalam air hangat
- Aduk sampai garam larut seluruhnya
- Gunakan air larutan ini untuk berkumur
- Lakukan setiap kali kamu sikat gigi minimal 2 kali sehari

Sebagai tambahan, kamu juga bisa melakukan floss gigi untuk membuang kemungkinan sisa makanan yang menyangkut pada gigi kamu yang mungkin menjadi penyebab sakit gigi yang kamu alami.

4. Lakukan kompres dingin

Jika wajah atau pipi kamu ikut membengkak saat sakit gigi, kamu bisa memanfaatkan es untuk kompres dingin. Es ini bisa membantu meringankan rasa sakit pada gigi. Pembengkakan juga bisa berarti bahwa kamu memiliki abses di dalam, yaitu kantung berisi nanah pada bagian akar gigi.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi serius pada rahang dan bagian gigi lainnya. Tanda yang mungkin menyertai adalah demam dan gusi yang memerah. Jika ini terjadi, periksakan segera ke dokter gigi.

Cara melakukan kompres dingin yaitu:
- Siapkan es secukupnya
- Siapkan kantong kompres atau handuk kecil
- Masukkan es ke dalam kantong kompres atau handuk kecil
- Tempelkan pada area pipi yang bengkak atau sakit sampai nyeri reda
- Es akan membantu menghilangkan sakit gigi yang kamu rasakan

5. Kompreskan es pada tangan

Selain dengan kompres dingin langsung pada pipi atau gigi yang sakit, kamu juga bisa melakukan kompres es pada tangan kamu. Kompres ini dapat juga mengurangi rasa sakit pada gigi. Kenapa bisa demikian? Para ahli percaya bahwa dengan melakukan hal ini, sensasi dingin dari es ini bisa menghambat sinyal rasa nyeri ke otak.

Es Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Sifat dingin es dapat memanipulasi saraf agar nyeri berkurang
Credit : maxpixel(dot)freegreatpicture(dot)com

Caranya:
- Siapkan es secukupnya
- Siapkan kantong kompres atau handuk kecil
- Masukkan es ke dalam kantong kompres atau handuk kecil
- Kamu juga bisa langsung menggenggam es tersebut jika kamu mau
- Letakkan es pada tangan kamu pada sisi yang sama dengan gigi yang sakit
- Gosokkan es atau kompres tersebut untuk mempercepat prosesnya
- Lakukan selama 7 menit atau sampai terasa kebal
- Kompres ini akan berperan sebagai anestesi alami

6. Gunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Pada minyak cengkeh ini ada kandungan bahan kimia eugenol yang bersifat antibakteri dan anestesi. Oleh sebab itulah, minyak cengkeh ini dipercaya digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi.

Caranya:
- Siapkan minyak cengkeh secukupnya
- Siapkan wadah kecil
- Siapkan bola kapas kecil
- Masukkan minyak cengkeh ke dalam wadah kecil
- Rendam bola kapas kecil ke dalam wadah tersebut
- Kemudian selipkan bola kapas tersebut ke dalam ata sela gigi kami

Cengkeh Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Minyak cengkeh dapat digunakan untuk menghilangkan sakit gigi
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

Kamu bisa membeli minyak cengkeh di toko obat atau apotek terdekat. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah asalkan cengkehnya tersedia.

Cara membuat minyak cengkeh ialah:
- Siapkan 10 tangkai cengkeh
- Siapkan 30 ml minyak zaitun
- Siapkan botol tempat minyak cengkeh
- Masukkan minyak zaitun ke dalam botol
- Masukkan juga cengkeh ke dalam botol tersebut
- Biarkan selama minimal sekitar dua minggu
- Minyak cengkeh kamu siap digunakan

7. Gunakan lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai pengatur kadar pH dalam mulut kita. Selain itu lemon juga bersifat antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Caranya:
- Siapkan 1 buah lemon
- Siapkan segelas air hangat
- Peras buah lemon
- Campurkan perasan buah lemon dengan air hangat
- Gunakan air lemon hangat ini untuk berkumur
- Lakukan minimal 2-3 kali sehari

8. Gunakan jeruk nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif sebagai pembasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut kita dapat terjaga.

Caranya:
- Siapkan 2 buah jeruk nipis
- Siapkan segelas air hangat
- Peras buah jeruk nipis tersebut
- Campurkan perasan buah jeruk nipis dengan air hangat
- Gunakan air jeruk nipis hangat ini untuk berkumur
- Lakukan minimal 2-3 kali sehari

9. Gunakan belimbing wuluh

Rasa asam di belimbing wuluh bermanfaat sebagai antibakteri yang tentunya juga efektif dalam membunuh bakteri.

Caranya:
- Siapkan 2 buah belimbing wuluh ukuran kecil sampai sedang
- Siapkan alat penumbuk
- Tumbuk buah belimbing wuluh sampai halus
- Oleskan tumbukan belimbing wuluh tersebut pada gigi yang sakit
- Rasa asam belimbing wuluh ini bisa membasmi bakteri yang ada pada gigi

10. Gunakan daun jambu biji

Daun jambu biji juga terbukti bermanfaat sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut kita. Selain itu, daun jambu biji juga efektif sebagai bahan untuk pengobatan nyeri karena selain memiliki sifat antibakteri, ia juga memiliki sifat antiinflamasi dan analgesia yang cukup baik.

Caranya:
- Siapkan 10 lembar daun jambu biji yang segar
- Siapkan air sebanyak 200 ml
- Siapkan kompor dan panci perebus
- Cuci daun jambu biji yang baru dipetik
- Rebus daun jambu biji tersebut ke dalam air sampai mendidih
- Gunakan air rebusan ini untuk berkumur
- Lakukan 2-3 kali sehari

11. Gunakan daun sirih

Daun sirih merupakan bahan herbal tradisional yang telah digunakan sejak masa nenek moyang untuk pengobatan sakit gigi. Kamu pasti pernah melihat kakek-kakek atau nenek-nenek yang menguyah daun sirih. Yup, daun sirih ini memang berguna sebagai penguat gigi, untuk menghentikan gusi yang berdarah, menghilangkan bau pada mulut, dan serta berperan sebagai antiseptik alami.

Daun Sirih Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Daun sirih dengan cara dikunyah atau direbus dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Credit : pexels(dot)com

Kamu dapat menggunakan daun sirih ini dengan cara dikunyah juga. Namun jika kamu tidak tahan dengan aromanya kamu bisa menggunakan resep ini:

Resep air daun sirih:
- Siapkan 10 lembar daun sirih yang segar
- Siapkan air sebanyak 200 ml
- Siapkan kompor dan panci perebus
- Cuci daun sirih yang baru dipetik
- Rebus daun sirih tersebut ke dalam air sampai mendidih
- Gunakan air rebusan ini untuk berkumur
- Lakukan 2-3 kali sehari

12. Gunakan bawang merah

Pada bawang merah terdapat antiseptik alami yang efektif sebagai pembunuh kuman.

Resepnya:
- Siapkan 1 siung bawang merah
- Siapkan 1 sendok teh garam dapur
- Siapkan alat penumbuk
- Tumbuk bawang merah bersama garam dapur sampai halus
- Oleskan tumbukan bawang merah ini pada gigi yang sakit

13. Gunakan bawang putih

Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih memiliki sifat antiseptik alami untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ya, walaupun bawang putih ini dapat menimbulkan bau mulut yang khas, namun ini hanya sementara. Karena bawang putih dapat membasmi kuman penyebab bau mulut lewat sifat antibakteri yang dimilikinya.

Resepnya sama dengan bawang merah yaitu:
- Siapkan 1 siung bawang putih
- Siapkan 1 sendok teh garam dapur
- Siapkan alat penumbuk
- Tumbuk bawang putih bersama garam dapur sampai halus
- Oleskan tumbukan bawang putih ini pada gigi yang sakit

14. Gunakan biji asam jawa

Biji asam jawa juga dapat menjadi pilihan alternatif lain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ia juga memiliki sifat antiseptik alami.

Biji Asam Jawa Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Biji asam jawa yang disangrai juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan sakit gigi
Credit : pixabay(dot)com

Berikut ini adalah resepnya:
- Siapkan biji asam jawa secukupnya
- Siapkan kuali dan kompor
- Siapkan alat penumbuk
- Sangrai biji asam jawa sampai kering
- Tumbuk hasil sangrai sampai halus
- Oleskan hasil tumbukan sangrai biji asam jawa pada gigi yang sakit

15. Gunakan merica

Merica dapat berguna karena ia mengandung sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik. Merica ini dicampur bersama garam dapat menjadi pasta untuk menghilangkan sakit gigi secara alami.

Berikut ini adalah resepnya:
- Siapkan 1 sendok teh merica
- Siapkan ½ sendok teh garam
- Campurkan kedua bahan tersebut dengan menambahkan sedikit air
- Campur sampai berbentuk pasta
- Oleskan pasta ini pada gigi yang sakit

16. Gunakan serai

Serai juga bisa kita manfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi secara alami. Selain itu sifat antiinflamasi serai juga dapat mengurangi pembengkakak pada gusi.

Caranya:
- Siapkan 2 tangkai serai
- Siapkan air sebanyak 200 ml
- Siapkan kompor dan panci perebus
- Cuci serai sampai bersih
- Rebus serai tersebut ke dalam air sampai mendidih
- Terus rebus hingga air berkurang setengahnya
- Gunakan air rebusan ini untuk berkumur
- Lakukan 2-3 kali sehari

Demikian artikel tentang cara menghilangkan sakit gigi ini saya buat. Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari cara untuk menghilangkan sakit gigi. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut! ^_^



PULSA GRATIS!!!

Kamu punya blog atau punya akses untuk mengelola blog milik instansi tertentu (dinas, puskesmas, RS, universitas, dll)?
dan kamu mau PULSA GRATIS?

Buat artikel yang terkait dg artikel ini atau artikel lain di blog ini, lalu cantumkan URL artikelnya pada artikel kamu sebagai tambahan bacaan. Artikelnya gak perlu panjang-panjang kok, minimal 200 kata sudah boleh. Kalo kamu ada artikel lama yang tinggal diedit untuk ditambahkan URL artikel kami, itu lebih bagus lagi ^_^

Setelah kamu ada artikelnya, beritahu kami dengan cara kirim pesan kepada kami langsung dari menu "Hubungi kami" yang berisi nama kamu, nomor HP, dan URL artikel yang kamu buat.

Kami akan menyeleksi peserta yang memenuhi syarat lalu secara acak akan memilih peserta yang beruntung setiap bulannya untuk mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 20.000,-

Yuk, ikutan! kapan lagi bisa dapat pulsa gratis dengan mudah, hehe :D

Untuk mengirim pesan dan jika ada pertanyaan, hubungi kami disini >> http://www.sainsphd.com/p/hubungi-kami.html

Title : WAH! Ini Dia Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Manjur
URL : https://sains-phd.blogspot.com/2018/03/cara-menghilangkan-sakit-gigi.html

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »