5 Milyar Populasi Dunia akan Rabun Jauh pada 2050

5 Milyar Populasi Dunia akan Rabun Jauh pada 2050

Kacamata Rabun Jauh
Prevalensi kejadian miopi atau rabun jauh diprediksi mendekati angka 5 milyar pada 2050
Credit: Ken Teegardin / Flickr
Sains Ph.D - Mungkin banyak di antara kita yang memiliki anggota keluarga penderita miopi atau yang lebih sering dikenal dengan rabun jauh. Atau itu malah Anda sendiri? Berdasarkan hasil penelitian, angka kejadian miopi ini memang saat ini terus meningkat tiap tahunnya.

Setengah populasi dunia atau hampir 5 milyar orang akan mengalami rabun jauh (miopi) pada 2050, dengan lebih dari seperlimanya (sekitar 1 milyar) memiliki risiko tinggi mengalami kebutaan jika tren yang ada saat ini terus berlanjut. Itulah kira-kira yang dikatakan sebuah hasil yang telah dipublikasikan di jurnal “Ophthalmology”.

Jumlah orang yang mengalami penurunan kemampuan penglihatan akibat miopi diperkirakan akan terus meningkat 7 kali lipat dari tahun 2000 ke 2050. Selain itu, ada fakta ilmiah yang menunjukkan bahwa miopi merupakan penyebab utama kebutaan permanen di seluruh dunia. Ini tentu mengkhawatirkan bagi kita yang berusaha menjaga kesehatan organ mata.

Lajunya peningkatan prevalensi kejadian miopi secara global ini dikaitkan dengan faktor lingkungan dan gaya hidup yang berubah pada era digital seperti saat ini. Kombinasi antara berkurangnya waktu di luar ruangan dan meningkatnya aktivitas kerja yang memerlukan pandangan jarak pendek berterusan dapat meningkatkan risiko terjadinya miopi alias rabun jauh, kata seorang penulis dari Institut Vision Brien Holden, Universitas New South Wales, Australia sekaligus peneliti di Institut Penelitian Mata Singapura.

Temuan ini merupakan masalah kesehatan publik yang paling utama. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan diadakannya perencanaan untuk pelayanan pemeriksaan mata yang komprehensif sebagai upaya mengatasi cepatnya peningkatan prevalensi miopi ini. Selain itu, usaha peningkatan perkembangan terapi untuk mengontrol progres dan mencegah masalah miopi masih terus dilakukan.

Profesor Kovin Naidoo, CEO Institut Brien Holden Vision mengatakan bahwa, kita perlu memastikan anak-anak kita mendapat pemeriksaan mata secara reguler dari ahli mata, idealnya tiap tahun, sehingga strategi pencegahan dapat segera dilakukan jika mereka berisiko.

Profesor Naidoo lalu menambahkan, strategi pencegahan yang dapat dilakukan antara lain dengan meningkatkan aktivitas luar ruangan dan mengurangi waktu beraktivitas yang memerlukan pandangan jarak pendek yang terus-menerus seperti menggunakan perangkat elektronik semisal smartphone yang membutuhkan fokus mata pada perangkat tersebut secara konstan.

Lebih lanjut, ada banyak pilihan lain yang dapat dilakukan sebagai strategi pengontrolan progres dan pencegahan penyakit miopi seperti dengan mengenakan lensa yang telah didesain khusus ataupun dengan intervensi obat-obatan yang telah terbukti secara ilmiah menurunkan risiko terjadinya rabun jauh (miopi).


Referensi:

Holden B.A., Fricke T.R., et al. (2016). Global Prevalence of Myopia and High Myopia and Temporal Trends from 2000 through 2050. Ophthalmology; DOI: 10.1016/j.ophtha.2016.01.006


PULSA GRATIS!!!

Kamu punya blog atau punya akses untuk mengelola blog milik instansi tertentu (dinas, puskesmas, RS, universitas, dll)?
dan kamu mau PULSA GRATIS?

Buat artikel yang terkait dg artikel ini atau artikel lain di blog ini, lalu cantumkan URL artikelnya pada artikel kamu sebagai tambahan bacaan. Artikelnya gak perlu panjang-panjang kok, minimal 200 kata sudah boleh. Kalo kamu ada artikel lama yang tinggal diedit untuk ditambahkan URL artikel kami, itu lebih bagus lagi ^_^

Setelah kamu ada artikelnya, beritahu kami dengan cara kirim pesan kepada kami langsung dari menu "Hubungi kami" yang berisi nama kamu, nomor HP, dan URL artikel yang kamu buat.

Kami akan menyeleksi peserta yang memenuhi syarat lalu secara acak akan memilih peserta yang beruntung setiap bulannya untuk mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 20.000,-

Yuk, ikutan! kapan lagi bisa dapat pulsa gratis dengan mudah, hehe :D

Untuk mengirim pesan dan jika ada pertanyaan, hubungi kami disini >> http://www.sainsphd.com/p/hubungi-kami.html

Title : 5 Milyar Populasi Dunia akan Rabun Jauh pada 2050
URL : http://sains-phd.blogspot.com/2016/02/5-milyar-penderita-rabun-jauh.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »